Kompetisi Infografis Pengurangan Sampah Plastik Laut (PLANKTHON) Menjaring 182 Peserta dari Seluruh IndonesiaDitulis oleh

Sebanyak 182 peserta telah mendaftar ke kompetisi Marine Plastic Debris No Thanks Visualthon (PLANKTHON) 2018 hingga hari penutupan tanggal 15 Oktober. Peserta terbanyak terdaftar dari Pulau Jawa dan Sumatera dengan peserta yang paling jauh dari Australia.

PLANKTHON adalah kompetisi desain infografis ramah baca yang bertemakan pengurangan sampah plastik di laut. Ajang ini merupakan bagian dari prakarsa Archipelagic and Islands State (AIS) Forum yang diluncurkan tanggal 6 September 2018.

Untuk membekali peserta, PLANKTHON hari ini menggelar pertemuan teknis dan seminar di Conclave Wijaya. Dalam seminar, para peserta diberi pembekalan agar lebih memahami situasi pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

PLANKTHON akan menghadirkan dua narasumber dari Waste4Change Indonesia yang akan menjelaskan tentang Circular Economy. Circular Economy adalah suatu sistem bersifat ekonomis dimana produk dan jasa diperdagangkan dalam satu lingkaran tertutup yang terus berputar dan berulang. Narasumber kedua adalah dari PT Chandra Asri Petrochemical, Tbk. selaku produsen plastik dan produk turunannya yang berkomitmen mendukung Pemerintah menciptakan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Kompetisi PLANKTHON ini melibatkan lima juri dari berbagai elemen, yang merupakan perwakilan figur professional, pelayan publik, organisasi nonpemerintah, dan swasta. Lima juri tersebut adalah:

  1. Dr. Purbaya Yudhi Sadewa, Ph.D. (Deputi I Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Kemaritiman)
  2. Dr. Ir. Safri Burhanuddin, DEA (Deputi IV Bidang SDM, IPTEK, dan Budaya Maritim Kementerian Koordinator Kemaritiman)
  3. Wahyu Ichwandardi a.k.a. Pinot (Desainer Grafis dan Animator)
  4. Annisa Paramita (Head of Communication & Engagement Waste4Change)
  5. Abdul Wahid Situmorang (Natural Resources Governance Adviser UNDP Indonesia)

PLANKTHON diinisasi oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman Indonesia, Badan PBB untuk Pembangunan (UNDP) di Indonesia, dan didukung oleh PT Chandra Asri Petrochemical, Tbk..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu ada pertanyaan? Yuk dibaca dulu daftar tanya-jawab di halaman FAQs.